Cara Menata Kamar tidur Yang Sempit

June 5, 2017 4:23 am Published by Leave your thoughts

Menata kamar tidur rasanya menjadi sebuah keahlian khusus yang gampang-gampang susah. Terlihat mudah karena hanya berurusan dengan ruangan yang tidak begitu besar, susah karena menata tempat tidur yang tidak proporsional bisa membuat kenyamanan kamar tidur berkurang.
Menata Kamar Tidur – Trik Menyulap Kamar Sempit

Setiap orang pasti mendambakan kamar tidur yang nyaman, luas, dan lengkap. Sebagai tempat istirahat, kamar tidur harus didesain dan ditata senyaman mungkin untuk menciptakan kedamaian dan perasaan tenang saat hendak beristirahat. Menata kamar tidur berukuran besar memang tidaklah begitu rumit.

Memiliki kamar tidur dengan ukuran yang cukup besar akan memberikan Anda banyak kemudahan. Anda tidak perlu memikirkan “cukup atau tidak” ketika sebuah barang akan ditempatkan di dalam kamar. Menata kamar tidur dengan ukuran besar pun akan menyenangkan. Anda bisa bereksperimen dengan berbagai benda.

Apakah bisa kamar tidur dengan ukuran kecil berubah menjadi kamar tidur dengan ukuran besar tanpa menambah luas kamar? Jawabannya tentu saja bisa. Hal ini kambali pada keahlian kita dalam menata kamar tidur yang sempit tersebut. Dengan sedikit trik, kamar sempit Anda akan menjadi terasa sedikit lebih luas.
Trik Menata Kamar Tidur Sempit

1. Menata Kamar Tidur Sempit – Nakas Kecil Tanpa Kaki
Menata kamar tidur yang sempit agar terlihat besar pasti erat kaitannya dengan pemilihan barang. Barang pertama yang ikut serta “dipusingkan” saat orang mulai menata ulang kamar tidurnya adalah Nakas.
Nakas atau meja kecil memang benda yang dinilai “wajib hadir” di kamar tidur. Tanpa nakas, rasanya kamar tidur menjadi aneh. Fungsi nakas memang sangat penting dan khas. Misalnya, untuk menyimpan lampu yang dipakai untuk membaca, meletakkan buku setelah dibaca, dan meletakkan berbagai barang yang tidak mengharuskan Anda turun dari tempat tidur.
Nakas biasanya memang berukuran kecil, sekitar 60cm². Untuk mengakali ukuran kamar sempit, Anda bisa membuatnya dengan lebih kecil lagi, misalnya 40 cm². Selain ukurannya diperkecil, Anda bisa memanipulasi ruang agar terlihat luas dengan membuat nakas tanpa kaki sehingga tampak menggantung di tempat tidur. Mengakali ukuran Nakas bisa menjadi salah satu trik menata kamar tidur yang sempit

2. Menata Kamar Tidur Sempit – Hiasan Dinding Mungil
Rasanya, setiap orang akan menganggap bahwa hiasan dinding di atas kepala atau di tengah-tengah tempat tidur merupakan sebuah keharusan. Hiasan dinding tersebut biasanya berupa lukisan atau foto pemilik kamar. Hiasan dinding ini biasanya berukuran besar. Namun, Anda dapat menyesuaikan ukuran hiasan dengan luas dinding.
Dinding yang tidak terlalu luas sebaiknya diberi hiasan berukuran kecil. Hal ini bertujuan memberikan efek sisa dinding yang lebar sehingga ruangan tampak luas. Bila tetap ingin memberikan hiasan yang lebih “besar”, tempelkanlah wallpaper pada salah satu bidang dinding agar tidak membuat efek sempit. Menata kamar tidur dalam hal pintar-pintar menyiasati hiasan dinding bisa membantu Anda.

3. Menata Kamar Tidur Sempit – Buat Pintu Geser
Untuk menciptakan kamar tidur yang sehat dan bersih, sirkulasi udara yang baik sangat diperlukan. Hal inilah yang menjadi alasan dibuatnya jendela berukuran besar pada kamar tidur. Jendela sebaiknya dibuka setiap pagi agar pertukaran udara kotor dan udara pagi yang bersih berlangsung dengan lancar. Menata kamar tidur yang berkenaan dengan pemilihan jendela ini berdampak besar. Dengan membuka jendela lebar-lebar setiap harinya, secara langsung akan memberikan efek luas pada kamar Anda.
Membuat jendela besar di kamar sempit memang merupakan masalah tersendiri. Sebagai alternatif dalam menata kamar tidur sempit, Anda bisa membuat pintu geser dari kaca. Pintu ini akan membuat kamar tidur semakin sehat karena udara dapat masuk sebebasnya. Namun, perhatikan juga kebersihan taman agar terbebas dari nyamuk yang bisa leluasa masuk kamar.

4. Menata Kamar Tidur Sempit – Meja Rias Ngumpet
Kehadiran meja rias di kamar tidur sangatlah penting, terutama kamar tidur wanita. Penampilan Anda saat keluar kamar akan sangat ditentukan oleh peran meja rias. Namun, menghadirkan meja rias di kamar sempit bukanlah hal mudah. Hal ini dapat disiasati dengan menggantungkan meja rias atau papan di belakang lemari. Menata kamar tidur dengan meja rias yang tidak boleh tertinggal akan sangat menyulitkan.
Trik menata kamar tidur sempit yang berkaitan dengan hal ini adalah letakkan lemari pakaian pada posisi didak rapat ke dinding sehingga akan terbentuk celah atau ruang antara lemari dan dinding. Nah, Anda bisa memaksimalkan celah ini untuk menyimpan meja rias mungil atau papan rias di antara celah tersebut. Dengan demikian, Anda tetap memiliki meja rias yang tidak akan tampak dari luar, sekalipun berantakan.

5. Menata Kamar Tidur Sempit – Rapatkan Tempat Tidur ke Dinding
Tempat tidur memang akan lebih nyaman jika diletakkan di tengah-tengah ruangan kamar. Dengan posisi seperti ini, Anda akan bebas bergerak ke segala arah kamar sesuai keinginan. Selain itu, meletakkan tempat tidur di tengah ruangan akan mempermudah pembersihan kolong tempat tidur sehingga akan selalu bersih.
Menata kamar tidur sempit bisa dilakukan dengan menyiasati letak tempat tidur itu sendiri. Coba letakkan tempat tidur merapat ke dinding. Dengan posisi ini, Anda masih punya ruang untuk meletakkan sebuah meja di seberang tempat tidur. Celah ruang di antara meja dan tempat tidur dapat digunakan untuk membuat jendela.

Demikianlah tip untuk menata kamar tidur sempit. Ingat, sisakan tempat untuk membuat jendela pada kamar tidur Anda, sekecil apapun kamar tidur tersebut. Jandikanlah tempat tidur sebagai surga pelepas penat. Selamat beristirahat!

Categorised in:

This post was written by admingraha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *